News

22 November 2014

22 November 2014

22 November 2014

Login

Troubleshooting Layanan - VPN GOLD

Troubleshooting: VPN Gold

Jika ada laporan pengaduan gangguan pada layanan VPN GOLD, maka telkom akan melakukan pengecekan dari NMS untuk mengetahui apakah ada indikasi gangguan di sisi jaringan Telkom, dan juga Telkom melakukan pengecekan Status PVC (Permanent Virtual Circuit) disisi Frame Relay.

Kondisi Frame Relay Normal dan Status UP ditandai dengan :

  • protocolStatus = normalCondition
  • networkSideEventHistory = ++++

Kondisi Frame Relay Down ditandai dengan :

  • protocolStatus = errorCondition
  • networkSideEventHistory = xxxx

Kondisi Frame Relay UP namun masih dirasakan gangguan oleh pelanggan ditandai dengan :

  • protocolStatus = normalCondition
  • networkSideEventHistory = +x+x

Untuk mengetahui indikasi gangguan awal, bisa dilihat berdasarkan Lampu Indikasi modem (setelah di restart) yang terdapat di customer. Diantaranya :

  1. Lampu modem 103 sampai 109 hidup normal
  2. Lampu modem 103 dan 105 mati berarti ada permasalahan di Router pelanggan. Kordinasikan dengan pelanggan untuk me-reset modem dan router dan mengecek kabel V35 dan port-portnya.
  3. Lampu modem 104 dan 109 mati berarti gangguan jaringan lokal.
  4. Lampu modem 105 dan 106 mati berarti cek koneksi yang masuk ke Router pelanggan (tidak ada komunikasi ke Router). Kordinasikan dengan pelanggan untuk.mengecek kabel V35 dan port-portnya.
  5. Lampu modem 103 mati berarti ada permasalahan di router pelanggan. Kordinasikan dengan pelanggan untuk.me-reset modem dan router dan memeriksa konfigurasi di router.
  6. Lampu modem LA (Local Alarm) nyala dan 109 mati berarti gangguan jarlok.
  7. Lampu modem 104 mati, gangguan di sisi jaringan transmisi Telkom
  8. Lampu modem 142 nyala berarti sedang proses loop/bertest.